Agama Ayodhia Kalake
Agama Ayodhia Kalake

Pada 5 September 2023 Ayodhia Kalake memasuki babak baru dalam kariernya dengan dilantiknya beliau sebagai Pejabat Gubernur Nusa Tenggara Barat. Keputusan ini tidak hanya menjadi berita biasa, tetapi juga menciptakan perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Artikel ini akan membahas secara mendalam profil Ayodhia Kalake, termasuk latar belakang, perjalanan karirnya yang gemilang, dan kepercayaan agamanya yang menjadi bagian penting dari identitasnya.

Profil dan Biodata Ayodhia Kalake

Ayodhia Kalake adalah seorang tokoh yang lahir di Jakarta, namun memiliki akar kuat dengan darah Adonara, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Meskipun masa kecilnya dihabiskan di Bandung, beliau tetap terikat erat dengan akar budaya dan tradisi keluarganya di daerah tersebut. Ayodhia Kalake memulai pendidikannya dengan meraih gelar Sarjana Hukum dari Universitas Padjadjaran pada tahun 1991. Namun, dedikasinya terhadap pendidikan tidak berhenti di situ. Pada tahun 1999, beliau melanjutkan studi ke Spanyol dan berhasil meraih gelar Master of European Union Law dari Universidad Complutense de Madrid.

Profil Ayodhia Kalake meliputi beberapa informasi penting:

  • Nama: Ayodhia G.L. Kalake, S.H., MDC.
  • Tempat Lahir: Jakarta
  • Tanggal Lahir: 18 November 1966
  • Pekerjaan: Pegawai Negeri Sipil
  • Bekerja di: Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia dan Pejabat Gubernur Nusa Tenggara Timur.

Profil yang luar biasa ini mencerminkan dedikasi Ayodhia Kalake terhadap pendidikan, karir, dan pelayanan kepada masyarakat. Kombinasi latar belakang pendidikan yang kuat dan pengalaman pemerintahan yang luas telah membentuknya menjadi pemimpin yang dihormati dalam bidangnya.

Perjalanan Karir Ayodhia Kalake

Perjalanan karir Ayodhia Kalake dimulai ketika beliau bergabung sebagai pegawai negeri sipil pada bulan Juli 1993. Selama bertahun-tahun, beliau telah mengumpulkan beragam pengalaman yang berharga. Tidak hanya itu, Ayodhia Kalake juga pernah menjalani peran penting sebagai konsultan umum Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok, menunjukkan kemampuannya dalam urusan internasional.

Selain itu, beliau juga pernah mengabdi di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, di mana beliau bertugas di Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Spanyol dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Jerman. Pada tanggal 25 Mei 2021, Ayodhia Kalake mendapatkan kepercayaan sebagai Komisaris PT Pembangunan Perumahan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia, Erick Thohir.

Namun, puncak karir Ayodhia Kalake adalah ketika pada tanggal 5 Januari 2022, dia dilantik oleh Menkomarves RI, Luhut Binsar Pandjaitan, sebagai Sekretaris Kemenkomarves RI. Tidak berhenti di situ, pada tahun 2023, Ayodhia Kalake menerima kehormatan yang lebih tinggi ketika Presiden Joko Widodo menunjuknya sebagai Pejabat Gubernur Nusa Tenggara Timur. Pelantikannya yang bersejarah ini berlangsung pada tanggal 5 September 2023.

Penghargaan dan Prestasi

Prestasi Ayodhia Kalake dalam bidang pemerintahan dan diplomasi juga diakui oleh pemerintah Indonesia. Beliau telah menerima tiga penghargaan bergengsi dari Presiden Republik Indonesia, yaitu Satyalancana Karya Satya X Tahun pada tahun 2003, Satyalancana Karya Satya XX Tahun pada tahun 2015, dan Satyalancana Wira Karya pada tahun 2016. Penghargaan ini menjadi bukti konkret akan dedikasinya dalam melayani bangsa dan negara.

Agama Ayodhia Kalake

Salah satu aspek menarik dalam profil Ayodhia Kalake adalah kepercayaan agamanya. Beliau adalah seorang yang menganut agama Islam. Namun, apa yang membuatnya semakin menonjol adalah fakta bahwa Ayodhia Kalake merupakan orang pertama yang menjadi pemimpin di Provinsi yang mayoritas penduduknya menganut agama Nasrani, baik Kristen Katolik maupun Kristen Protestan. Hal ini mencerminkan pluralitas agama dan toleransi yang menjadi salah satu ciri khas Indonesia.

Kesimpulan

Profil Ayodhia Kalake adalah kisah inspiratif tentang seseorang yang melalui perjalanan panjang dan berliku dalam kariernya. Dengan latar belakang pendidikan yang kuat dan pengalaman yang beragam, beliau telah berhasil mencapai puncak dalam dunia pemerintahan. Kepercayaan agama yang berbeda dengan mayoritas penduduk provinsinya menunjukkan betapa beragamnya masyarakat Indonesia.

Dengan pelantikannya sebagai Pejabat Gubernur Nusa Tenggara Timur pada 5 September 2023, Ayodhia Kalake telah menorehkan sejarah baru. Semua ini membuatnya menjadi tokoh yang menarik perhatian publik dan patut dicontoh dalam menjalani karier dan berkomunikasi antaragama.

Kay

Suka Kpop, K-Drama, Perskincarean. Menulis Merupakan Hobi di Waktu Luang :)

Bagikan:

Leave a Comment